Mengapa Wanita Sering Menghadapi Kerutan pada Kulit dan Wajah?

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak wanita di luar sana yang usianya masih muda tapi sudah terlihat tua. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kerutan pada kulit dan wajah mereka. Masalah kecantikan yang satu ini cukup membuat para wanita merasa stres karena otomatis penampilan mereka akan menurun dan membuat orang-orang yang dulunya menyanjungnya pada akhirnya meninggalkan mereka. Jika dibandingkan dengan pria, tentu banyak ahli dan penelitian yang sudah menyebutkan bahwa wanita lebih cepat terlihat tua dibandingkan wanita. Sebenarnya apa alasannya?

kerutan

Kelenjar minyak yang sedikit

Para pria memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan para wanita. Kelenjar minyak ini berfungsi untuk membuat kulit lembab dan lembut sehingga kerutan di kulit dan wajah bisa tersamarkan. Karena wanita memiliki kelenjar minyak yang sedikit, maka seiring bertambahnya umur mereka, kelenjar minyak tersebut akan semakin sedikit diproduksi. Kondisi ini akan semakin parah apabila wanita tidak menerapkan hidup sehat. Itu artinya bahwa mereka suka merokok, begadang, makan dan minum produk siap saji, malas berolahraga, dan lain sebagainya.

Kurang hormon estrogen

Sama halnya dengan kelenjar minyak, hormon estrogen pada wanita juga terbilang lebih sedikit dibandingkan dengan pria. Padahal hormon ini berfungsi untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit. Semakin bertambahnya umur wanita, produksi hormon estrogen di dalam tubuh mereka semakin sedikit sehingga wajah mereka akan terlihat tua apabila tidak memakai makeup atau produk kecantikan yang berguna untuk menyehatkan dan mengencangkan kulit dan wajah.

Kebiasaan buruk

Seperti sudah disebutkan di atas, kebiasaan buruk dapat membawa dampak negatif pada penampilan wanita. Pada umumnya wanita dengan pola atau gaya hidup yang tidak sehat akan terlihat sudah berusia 40-an padahal umurnya masih 20-an. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk tersebut membuat kondisi kulit dan wajah mereka tidak lembab dan kotor sehingga kerutan dengan mudah muncul di mana-mana. Sebagai contoh, apabila wanita suka merokok, asap rokok yang mengandung racun akan membuat kulit dan wajah mereka kering dan kotor. Hal inilah yang akan memicu timbulnya kerutan dan juga jerawat. Contoh lainnya, jika wanita malas berolahraga, kondisi fisiknya akan terus menurun sehingga sistem syaraf dan metabolisme tidak akan bekerja secara maksimal. Akan ada banyak toksin di dalam tubuh mereka yang mana juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kekencangan kulit mereka. Dampak ini mungkin tidak akan terlihat secara instan. Namun, lambat laun, kerutan akan terlihat dengan jelas di beberapa bagian kulit dan wajah.

Penyebab lainnya adalah wanita suka sekali mengalami tekanan batin atau stres. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa wanita banyak melakukan tindakan berdasarkan perasaan mereka. Ketika mereka menghadapi masalah baik itu masalah kecil atau besar, mereka akan merasa tertekan. Biasanya mereka mengerutkan kening mereka ketika hal ini terjadi. Hal sepele ini pun pada akhirnya dapat membuat kerutan di wajah mereka akan terlihat. Selain itu, para wanita akan kesulitan untuk tidur ketika mereka mengalami masalah sehingga proses regenerasi kulit mereka terganggu. Sadari bahwa apabila hal ini terjadi, sel kulit mati akan terus menumpuk dan menyebabkan kulit kotor dan kering. Pada akhirnya, kerutan pun akan muncul dan terlihat jelas.

Apabila Anda adalah seorang wanita yang tidak ingin pusing dengan masalah kerutan di kulit dan wajah, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dan rajin-rajinlah melakukan perawatan wajah dan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *