Cara Sederhana Cegah Penyakit Diabetes

Beberapa gejala dari diabetes adalah sering buang air kecil terutama di malam hari, kelelahan, dan turun berat badan. Penyakit diabetes tidak boleh diabaikan, penyebabnya bisa fatal jika kondisinya sudah parah. Bukan hanya membuat penderita tak mampu beraktivitas, melainkan juga memiliki resiko terhadap serangan penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, dan gagal ginjal. Pada serangan jatung dan stroke, hal ini dikarenakan terjadinya penyempitan di pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tidak seimbang.

diabetes

Sementara gagal ginjal, organ tubuh tersebut harus berfungsi dalam membuang kadar gula dalam jumlah lebih banyak melalui urine. Harapan untuk sembuh pun sangat sedikit apabila tidak segera ditangani dengan baik. Bahkan, penyakit ini akan terus mencekam hingga akhirnya mengancam nyawa penderita. Sebelum terserang penyakit tersebut, alangkah baiknya jika menghindarinya sejak ini. Berikut cara-cara sederhana yang dapat dilakukan.

Menghindari makanan dan minuman tinggi kadar gula

Makanan dan minuman menjadi satu faktor terbesar yang dapat memicu diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan, seperti halnya cake, teh, soft drink, makanan ringan, kafein, dan lain sebagainya. Jenis makanan manis tersebut akan membuat kadar gula darah meningkat. Lebih dari itu, bila kaya lemak juga dapat mengakibatkan obesitas. Itulah sebabnya makanan yang tinggi kadar gulanya perlu dihindari dan disarankan untuk memprioritaskan buah dan sayur sebagai sumber nutrisi tubuh, selain nutrizinya tinggi juga kadar gula dan kolesterol jahat tergolong rendah.

Membiasakan tidur dengan waktu yang cukup

Kurangnya waktu tidur selama beberapa hari membuat seseorang baik pria maupun wanita terserang diabetes tipe 1. Mengapa? Sebab berkurangnya waktu tidur menyebabkan tubuh tak dapat memproduksi glukosa dengan baik. Waktu tidur yang cukup pada umumnya ialah selama 8 jam per malam. Jika tidak memiliki kegiatan penting, upayakan untuk menghindari begadang agar tubuh dapat memproduksi glukosa secara sempurna dan tidak terserang diabetes.

Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga termasuk satu kegiatan yang murah dilakukan tapi menyehatkan. Bukan hanya dapat menyeimbangkan berat badan, melainkan juga menghilangkan stres & depresi, menjaga kesehatan jantung, menurun kolesterol jahat, membuang racun-racun dalam tubuh, menguatkan otot, dan berbagai manfaat lainnya. Olahraga bisa dilakukan selama tiga kali dalam seminggu dan kurang lebih selama 45 menit. Namun, jangan pula melakukan olahraga dengan keras karena hal tersebut justru akan membuat tubuh kelelahan. Lakukan olahraga sesuai kemampuan fisik, apakah senam, berenang, joging, bersepeda, main basket, atau berbagai kegiatan olahraga lainnya.

Menghilangkan kebiasan merokok

Rokok memiliki kandungan berbahaya bagi tubuh. Selain resiko paru-paru dan jantung, roko juga bisa menyebabkan diabetes karena menurunkan kemampuan tubuh dalam mengatur kadar gula darah secara optimal. Hal ini sangat besar konsekuensinya pada perokok aktif. Batasi kebiasaan merokok untuk membuat diri aman dari serangan diabetes. Jika tak dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan cara spontan, Anda bisa menguranginya secara perlahan.

Misal untuk satu hari habis 1 bungkus rokok, di minggu pertama (untuk setiap harinya) Anda harus membiasakan diri untuk bertahan dengan setengah bungkus rokok, kemudian dikurangi menjadi seperempat, setelah itu lupakan. Butuh komitmen yang kuat untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Namun bukan tak mungkin hal tersebut akan terwujud jika diimbangi dengan tekad yang kuat.

Diabetes adalah penyakit yang mematikan, namun sayangnya sering kali diabaikan. Bahkan banyak penderita yang baru melakukan perawatan ketika penyakit tersebut mulai parah. Semoga dengan uraian ini dapat membuat kita sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan meskipun dengan cara sederhana, salah satunya menghindari reisko diabetes.